Sejarah Perkembangan Komputer

1. Sejarah Perkembangan Komputer & Generasinya
Komputer

Sejarah Komputer Diawali dengan istilah Komputer yang pada asalnya berasal dari bahasa latin yaitu "computare", yaitu yang berarti alat hitung, karena pada waktu itu awalnya komputer lebih sering digunakan sebagai perangkat bantu dalam hal penghitungan angka-angka sebelum akhirnya menjadi perangkat multifungsi. Komputer saat ini adalah sebuah hasil evolusi panjang yang dari komputer zaman dahulu, yang pada mulanya ini adalah hanya sebuah alat elektronik dan mekanik. Berikut ini adalah contoh penemuan komputer.


-a. Abacus. Sempoa atau Abacus adalah sebuah alat kuno yang dipergunakan untuk penghitungan yang terbuat yaitu dari rangka-rangka kayu dengan sebuah sederetan poros yang didalamnya hanya berisi manik - manik yang bisa di geser. Alat ini bisa digunakan untuk melakukan sebuah operasi aritmatika yaitu contohnya seperti perkalian, pengurangan, penjumlahan, pembagian dan akar kuadrat. Pada zaman dahulu muncul sekitar 5.000 Tahun yang lalu di Negara Cina dan masih banyak digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, Abacus dapat cepat sekali dianggap dengan sebagai awal mula mesin komputasi (penghitungan). Penggunanya melakukan perhitungan adalah dengan menggunakan sebuah biji - bijian geser yang diatur untuk sebuah rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung dan bertransaksi untuk perdagangan. Seiring pada zaman sekarang, dengan munculnya pensil dan kertas kini abacus kehilangan popularitasnya.

Charles Dabbage-b. Mesin Buatan Charles Babbage. Pada waktu itu banyaknya sebuah kesalahan perhitungan dengan manual yang menginspirasikan seorang ilmuan yaitu Charles Babbage untuk menemukan mesin hitung mekanik yang sehingga dapat  mengurangi sebuah kesalahan pada saat melakukan perhitungan. mesin ini atau disebut mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas atau hal-hal yang sama berulang kali tanpa kesalahan. sedangkan matematika membutuhkan sebuah repetisi yang cukup sederhana dari suatu langkah - langkah tertentu. Masalah tersebut pada saat itu kemudian berkembang sehingga menempatkan mesin mekanik. Kemudian babbage mendapat salah satu inspirasi dari perkembangan mesin hitung yang dibuat dan dikerjakan oleh seseorang yang bernama Wilhem Schickard, Blaise Pascal, dan satu lagi yaitu Gottfried Leibniz. pada saat itu Charles Babbage mengusulkan suatu mesin yang gunanya untuk melakukan suatu perhitungan persamaan differensial yang muncul pada tahun 1822. Mesin tersebut akhirnya dinamakan mesin differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut sehingga dapat menyimpan program dan dapat melakukan suatu kalkulasi serta dapat mencetak hasilnya secara mudah dan otomatis. Setelah bekerja dengan mesin differensial selama sepuluh tahun, Charles Babbage dengan mudah terinspirasi untuk memulai membuat rancangan sebuah Komputer Generasi Purpose (multi fungsi) pertama, yang di sebut analitycal engine. Atas suatu sumbangan penemuan yang sangat besar ini maka Charles Babbage disebut bapak Komputer modern.

Baca Juga : Sejarah Indonesia Sebelum Merdeka! , dan Sejarah Muhamaddiyah


*Mesin Analitik (Analitical Engine)
Setelah saat itu Penemuan oleh bapak Charles Babbage, tidak ada yang muncul penemuan terbaru yang saat itu dianggap, berarti terhadap perkembangan dunia komputer sampai dengan munculnya ilmuan bernama Howard H.Aiken (1900-1973), yaitu seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, saat itu berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator (ASCC), atau disebut dengan Mark I, yaitu merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beroprasi dengan lambat (membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak sangat fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat di ubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan suatu perhitungan aritmatik dengan dasar dan persamaan yang lebih kompleks. Komputer ini sesungguhnya merupakan dambaan Charles Babbage. 
*Generasi Komputer
Komputer pada waktu itu di bagi dalam beberapa generasi yang berdasarkan sejarah perkembangannya. Pada setiap generasi dibedakan pada berdasarkannya kemampuan teknologi untuk melakukan sebuah serangkaian proses (capability), makin rendah biaya operasionalnya (efficiency) dan makin mudah menggunakannya (user friendly). Berikut beberapa perkembangan generasi komputer.

-a. Komputer Generasi I Awal Mulanya yang diciptakan komputer adalah pada saat terjadinya Perang Dunia ke-II, negara-negara yang pada saat itu terlibat dalam sebuah perang tersebut berusaha mengembangkan generasi komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini waktu itu meningkatkan suatu pendanaan pengembangan komputer, serta bisa mempercepat kemajuan teknologi komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer Z3, untuk bisa mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam halnya pengembangan komputer. Tahun 1943, pihak inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yaitu yang dinamakan Colossus untuk bisa memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman dengan mudah. Perkembangan Komputer Generasi I diawali dengan adanya dan terciptanya komputer yang sering disebut dengan Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC). Komputer ini dahulu dibuat oleh pemerintah Amerika Serikat yang bekerja sama dengan University of Pennysylvania pada tahun 1946. ENIAC terdiri atas 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder.

*Merupakan mesin yang sangat besar dan membutuhkan daya sebesar 160 kW. Komputer ini dirancang oleh John P.Eckert (1919-1995) dan John W.Mauchly (1907-1980). ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibanding Mark. 

John van Neumann1. Pertengahan 1940-an, John Von Neumann (1903-1957) bergabung dengan sebuah tim University Of  Pennysylvania yaitu pada waktu itu bertujuan dalam usaha membangun suatu konsep desain komputer 40 tahun mendatang masih dipakai dalam sebuah teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Comnputer (EDVAC) pada tahun 1945, dengan sebuah memori untuk bisa menampung baik program atau pun data dengan mudah. Teknik ini memungkinkan komputer untuk bisa berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah seorang unit pemrosesan sentral (Central processor unit / CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang di buat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann. UNIVAC dimiliki oleh Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric. Salah satu penemuan hasil mengesankan komputer UNIVAC, yaitu prediksi kemenangan Eisenhower dalam sebuah pemilihan presiden Amerika Serikat yaitu pada tahun 1952. Komputer Generasi I memiliki ciri khas tersendiri, yakni instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk satu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner masing - masing yang berbeda dari komputer lain atau yang disebut "Bahasa Mesin"(Machine Language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk bisa diprogram kembali dengan membatasi kecepatannya. Berikut ini adalah Karakteristik komputer Generasi I secara umum. 

Baca Juga : Sejarah Generasi Komputer! dan Sejarah Nabi Muhammad SAW

1). Sirkuitnya adalah Menggunakan sebuah Tabung Hampa. Penggunaan Tabung Hampa tersebut yang membuat suatu ukuran komputer pada masa tersebut berukuran lebih sangat besar. 
2). Komputer mempunyai salah satu silinder magnetik untuk menyimpan data. 
3). Programnya saat itu hanya bisa dibuat menggunakan bahasa mesin. 
4). Instruksi sebuah operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu. 
5). Menggunakan Konsep Stored Program dengan bertujuan memori utamanya adalah Magnetic Core Storage. 
6). Menggunakan Simpanan Luar Magnetic Tape dan Magnetic Disk. 
7). Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruang yang luas. 
8). Suhunya cepat panas, sehingga pada waktu itu diperlukan pendingin. 
9). Prosesnya kurang cepat. 
10). Daya simpannya sangat kecil. 
11). Membutuhkan daya listrik yang besar untuk memainkannya.
Beberapa komputer yang termasuk komputer generasi pertama adalah EDSAC, ACE, SEC, Havard Mark II, Havard Mark III, UNIVAC, dan masih banyak lain sebagainya.
Komputer Generasi Kedua Bahasa mesin yang digunakan yaitu adalah bahasa assembly. Dalam bahasa assembly didalamnya digunakan kode-kode berupa singkatan yang dipergunakan untuk menggantikan kode biner. Komputer mampu mendesain sebuah produk, menghitung daftar gaji, mencetak data sehingga komputer generasi kedua ini sukses di pasaran. Ciri-ciri nya antara lain: 
1) Ukuran fisik lebih kecil dibanding komputer generasi pertama karena telah menggunakan transistor pada sirkuitnya 
2) Menggunakan memori yang memungkinkan cukup besar 
3) Telah menggunakan media penyimpanan luar berbentuk removable disk seperti megnetic disk dan magnetic tape 
4) Penggunaan aplikasinya lebih luar biasa
5) Proses operasinya lebih cepat dibanding dengan sebelumnya 
6) Penggunaan daya lebih kecil
7) Program yang dibuat dapat menggunakan bahasa tingkat tinggi seperti FORTAN, COBOL, dan ALGOL.

Baca Juga : Sejarah Perkembangan Handphone

Beberapa contoh dari komputer generasi kedua adalah IBM 7080, IBM 1400, UNIVAC SS90, UNIVAC III, PDP-1, PDP-8, Burroghts 200, dan lain sebagainya.  


Itulah Kisah Dan Terciptanya Sejarah Perkembangan Komputer.
Share on Google Plus

About Panz Gemz

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 comments :